fbpx

Harvester Mesin Panen Padi Lebih Efisien Dari Pekerjaan Manual

Combine Harvester

Desaku ( Brebes )

Kehadiran mesin panen Harvester menjadi angin segar bagi para petani padi di Pende, Kersana, Kabupaten Brebes saat musim panen. Selain sebagai alat panen, mesin ini juga mampu membajak sawah hingga merontokkan padi, dengan kecepatan memotong 50 persen lebih efisien dari pekerjaan manual.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi saat Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Praktek Langsung Penggunaan Mesin Harvester Besar di area persawahan Kelompok Tani () Wisesa Selaras, Pende, Kersana, Brebes. Senin, (18/3/2024).

Baca Juga : https://desaku.slawiraya.com/paguyuban-kepala-desa-se-kabupaten-tegal-bersiap-laksanakan-musda/

Yulia bersyukur karena di 2024 Kabupaten Brebes mendapat beberapa bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian RI. Tahun ini adalah Harvester Besar sebanyak tiga unit untuk Kersana, Banjarharjo dan Jatibarang masing-masing 1 unit per .

Dengan adanya harvester akan menjadi lebih efektif dan efisien saat panen. Utamanya dengan biaya panen jadi lebih murah. Di samping itu, penggunaan mesin tersebut akan lebih cepat pengerjaannya dalam memanen, padi luasan 1 hektar hanya butuh waktu 2 jam. Lain halnya juka menggunakan tenaga manual manusia bisa sampai 3 hari.

“Semoga dengan adanya harvester ini dapat mewujudkan pertanian yang lebih maju, mandiri dan kesejahteraan para petani bisa tercapai,” kata Yulia.

Bimtek diikuti tiga perwakilan yakni, Wisesa Selaras, Pende, Kecamatan Kersana, Tani Setia, Cihaur, Kecamatan Banjarharjo, dan Poktan Bahagian III Tegalwulung, Kecamatan Jatibarang Brebes. Ketiga poktan tersebut yang telah mendapatkan bantuan Alsintan berupa Combine Harvester dari pemerintah pusat pada bulan Februari lalu yang diserahkan langsung Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar.

Pj Bupati Brebes yang diwakili Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan M Furqon Amperawan MP melihat, dengan alat mesin pertanian tersebut hasil panen lebih bersih, biaya panen lebih murah, lebih efektif, bantuan ini juga nantinya bisa untuk mendukung peningkatan produksi pertanian khususnya di wilayah Kabupaten Brebes.

Baca Juga : https://desaku.slawiraya.com/desa-suru-miliki-gedung-pkk-baru/

Dia berpesan agar Alsintan dikelola dengan sebaik mungkin, dan dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mewujudkan sektor pertanian yang tidak hanya maju, namun mandiri dan modern.

Furqon juga mengimbau kepada para kelompok tani untuk bisa memanfaatkan Mesin Combine Harvester dengan sebaik-baiknya dan merawatnya dengan benar agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang apalagi masin ini adalah bantuan dari pemerintah pusat. ( *** ) 

Tinggalkan Balasan