Karang Taruna

Karang Taruna, Organisasi Kepemudaan Yang Bergerak DIbidang Sosial Kemasyarakatan

Desaku ( Pendidikan )¬

Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan.

Sebagai wadah pengembangan generasi muda, karang taruna merupakan tempat berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga : https://desaku.slawiraya.com/2024/06/23/menteri-desa-pembangunan-daerah-tertinggal-dan-transmigrasi-ajak-mahasiswa-ikuti-pelatihan-program-pemberdayaan-pembangunan-desa/

Karang taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus atau dikelola oleh generasi muda, dan untuk kepentingan generasi muda serta masyarakat di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat.

Karenanya setiap desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dapat menumbuhkan dan mengembangkan karang tarunanya sendiri.

Dengan tujuan untuk memberdayakan pemuda dalam berbagai kegiatan positif dan produktif, organisasi ini berperan penting dalam pembangunan kesejahteraan sosial dan pengembangan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan.

Beberapa tujuan utama Karang Taruna antara lain, Partisipasi Pemuda guna mendorong keterlibatan aktif pemuda dalam kegiatan komunitas, Pengembangan Keterampilan dengan menyediakan pelatihan dan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan.

Karang Taruna, juga memiliki tugas pelayanan masyarakat dengan melakukan berbagai layanan sosial untuk mendukung komunitas, Pelestarian Budaya melalui kegiatan mempromosikan dan melestarikan warisan budaya lokal.

Bagaimana kontribusi peran Karang Taruna di Desa Anda ? berfungsikah atau tidak ?? ( *** )¬

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *