Beranda » Pasukan Gabungan Gelar Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2023
Pasukan gabungan

Gelar Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Serentak Tahun 2023

Desaku ( Slawi )

dari unsur TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tegal dan satuan perlindungan masyarakat atau Kabupaten Tegal melaksanakan Apel Gelar Kesiapan Pemilihan Kepala () Serentak 2023 di lapangan kantor Pemda Kabupaten Tegal, Senin (02/10/2023).

Apel Gelar tersebut dipimpin langsung Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Tegal Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mochammad Sajarod Zakun dan Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Infanteri Suratman.

Baca juga : https://desaku.slawiraya.com/serah-terima-jabatan-kepala-desa-wangandawa-diduga-mal-administrasi/

Pelaksanaan Serentak di 47 di Kabupaten Tegal pada tanggal 11 Oktober 2023 nanti akan menjadi ajang pemilihan demokratis warga untuk memilih pemimpin birokrasi pemerintah desanya. Kontestasi enam tahunan ini tentunya sangat menarik minat banyak pihak dan melibatkan massa dalam jumlah besar.

Meskipun penyelenggaraan telah diatur oleh pemerintah dan dibentuk kepanitiaan untuk pelaksanaannya di tingkat , potensi terjadinya konflik antar calon kepala yang berujung friksi sosial ataupun tindakan anarkis tetap harus diantisipasi.

“Alhamdulillah kerja sama sinergis antara pemerintah daerah dengan Polri, dengan TNI atau lebih dikenal dengan tiga pilar selama ini mampu mengawal pelaksanaan Serentak berjalan damai, aman, dan kondusif,” ujar Bupati

Kemanunggalan aparat keamanan bersama pemerintah daerah dan elemen masyarakat menjadi benteng kekuatan untuk menjaga ketertiban selama berlangsung. Tujuannya adalah menghadirkan rasa aman dan tenteram sehingga warga desa dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik.

Baca Juga : https://desaku.slawiraya.com/kepala-desa-wangandawa-kecamatan-talang-mengundurkan-diri/

“Kemanunggalan peran tiga pilar diperlukan untuk meminimalisir friksi dan meredam konflik yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkades,” ujarnya.

Umi pun mengimbau dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi masyarakat desa ini seperti pelaksanaan Pilkades tahun-tahun sebelumnya yang berjalan baik dan kondusif. ( *** ) 

Tinggalkan Balasan